Campaign.com Platform Kampanye untuk Perubahan
Sica Harum - www.konde.co
Semua orang bisa menjadi agen perubahan. Campaign.com menawarkan platform yang bisa jadi salah satu tools untuk semua orang yang ingin mengubah keadaan menjadi lebih baik. Caranya dengan membuat kampanye positif dan menyebarluaskan lewat Campaign.com
Sabtu, 28 Mei 2016, Campaign.com mengundang sejumlah komunitas untuk mengikuti workshop terkait kampanye yang efektif. Salah satunya, Konde Institute. Berikut ini wawancara dengan Adeline, Communication Executive Campaign #ForChange setelah pelaksanaan workshop tersebut.
Apa tujuan membuat workshop ini? Selain sebagai cara Campaign berkenalan dengan komunitas-komunitas yang ada, apakah campaign menilai beberapa kampanye saat ini belum optimal menggunakan media online dan medsos?
Ketika kami berbicara dengan beberapa yayasan dan NGO beberapa bulan terakhir, kami mendengar banyak kegiatan inspiratif dari apa yang telah dilakukan oleh mereka. Banyak di antara mereka berjuang dengan topik/isu yang sulit seperti kekerasan terhadap perempuan, pernikahan anak, kebersihan dan perubahan iklim.
Kami juga melakukan pemeriksaan singkat pada media sosial yang mereka gunakan dan melihat bagaimana setiap isu dipresentasikan. Umumnya, belum ada key message (pesan utama) yang konsisten untuk digunakan. Banyak yang hanya menceritakan kegiatan mereka atau berita terkini dan belum melakukan engaging (keterlibatan) dengan pendukung mereka di media sosial.
Setelah bertanya lebih lanjut kepada mereka, kami menemukan banyak yayasan atau NGO belum mengintegrasikan media sosial mereka sebagai bagian dari perencanaan komunikasi dan keseluruhan strategi kampanye. Beberapa bahkan belum memiliki strategi kampanye untuk membangun kesadaran masyarakat akan isu yang mereka perjuangkan. Ini menjadi sulit, ketika kesadaran masyarakat (public awareness) sangat penting dalam mempengaruhi perubahan sosial atau politik untuk isu mereka.
Jadi kami memutuskan untuk mengadakan Workshop tentang Campaign Management sehingga mempermudah yayasan atau NGO untuk melakukan kampanye yang berkelanjutan sesuai dengan isu yang mereka hadapi/perjuangkan.
Apa yang mau dicapai dari kegiatan itu, dan apakah target selanjutnya? (baik dari kuantitas dan kualitasnya)
Salah satu target dari Workshop ini adalah membangun kapasitas dan memberikan bantuan secara teknis untuk yayasan/NGO/komunitas. CAMPAIGN akan bekerja sama dengan mereka dalam beberapa minggu ke depan, sehingga mereka bisa melihat perencanaan dari kampanye yang mereka jalankan.
Workshop ini juga memberikan kesempatan baik untuk mereka bisa terhubung dengan yayasan, NGO, atau komunitas bahkan media lain, agar bisa menemukan peluang untuk berkolaborasi. Dan CAMPAIGN akan secara aktif menghubungkan lebih lanjut yayasan, NGO, komunitas, media dan pihak lain karena kami percaya bahwa kita harus berkolaborasi & bekerja sama untuk menciptakan perubahan, khususnya pada isu-isu yang sulit.
Kedepannya, kami ingin mengadakan workshop yang lebih besar, untuk yayasan, NGO, komunitas bisa berbagi pengalaman mereka dalam menjalankan kampanye sehingga bisa saling belajar untuk semua pihak.
Sejauh ini, berapa banyak komunitas yang sudah digandeng, dan apa feedback yang sudah masuk, yang kelak bisa menjadi dasar pengembangan Campaign?
Sekarang ada 16 yayasan/group/komunitas/NGO/media partner yang datang ke Workshop dan dari keseluruhan feedback-nya positif. Ini Workshop kedua kami, kami menanggapi setiap feedback dengan serius karena ingin membuat Workshop ini se-relevan mungkin & membantu yayasan/NGO/komunitas.
Beberapa dari mereka ingin Workshop ini lebih fokus ke tips dan teknik di media sosial, beberapa juga ingin lebih menekankan perencanaan kampanye untuk bisa membuat kampanye yang luar biasa. Jadi kami memperhatikan hal tersebut dan kemungkinan kami juga akan bertemu dengan mereka satu persatu untuk melakukan konsultasi.
Bagi CAMPAIGN, sebuah perencanaan yang sistematis untuk strategi kampanye sangat bermanfaat, baik untuk meningkatkan pendukung mereka atau untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan isu kontroversi, dan ini bisa menjadi keuntungan bagi kami untuk mengemas kampanye yang lebih baik kedepannya.
foto : Campaign.com
Post a Comment